Blog

Mengenal Struktur Atap Bangunan

Atap merupakan bagian terpenting dalam konstruksi suatu bangunan. Bukan hanya berfungsi sebagai penutup seluruh ruangan, atap juga memiliki peran untuk memberikan nilai keindahan suatu bangunan.

Bentuk dan tipe atap tentu berpengaruh dengan nilai fungsi dan estetika bangunan. Dalam hal ini pemilihan jenis atap penting untuk diperhatikan dan disesuaikan dengan iklim, desain yang diinginkan, dan biaya yang dimiliki.

Pada struktur atap bangunan umumnya terdiri dari 3 bagian utama. Yakni struktur penutup atap, gording, dan rangka kuda-kuda.

Biasanya, struktur atap bangunan ini dibuat sesuai dengan denah atau desain keseluruhan bangunan. Jika Anda ingin membuat atap bangunan, berikut penjelasan tentang struktur atap bangunan selengkapnya:

Struktur Atap Bangunan: 3 Komponen Utama Penyusun Atap

Pada struktur atap bangunan, ada 3 komponen penting penyusun atap. Komponen utama ini akan menentukan bagaimana kekuatan dan ketahanan suatu atap banguan.

Karena komponen ini berguna sebagai pelindung dalam sebuah bangunan, dimana akan terkena panas, air hujan secara langsung.

Komponen utama penyusun atap yaitu: struktur atap, penutup atap, dan pelengkap. Di bawah ini merupakan penjelasan lengkapnya:

1. Struktur Atap (Rangka dan Penopang Rangka Atap

Komponen utama penyusun atap adalah struktur atap bangunan itu sendiri. Struktur atap ini termasuk bagian terpenting dalam konstrsuksi atap bangunan karena berfungsi sebagai penahan beban dari atap.

Struktur atap terdapat dua bagian utama, yaitu rangka dan penopang rangka atap. Dua bagian ini merupakan bagian dasar atap rumah.

Mengingat fungsi yang vital sebagai penahan beban atap, proses konstruksinya juga harus diperhitungkan dengan tepat.

Kerangka atap ini juga memiliki beberapa bagian yang mungkin lebih Anda kenal seperti gording, reng, usuk, dan lainnya. Berikut merupakan atap dengan bagian-bagiannya:

a. Gording

Gording adalah balok atap yang berfungsi sebagai penghubung antara kuda-kuda, gording ini juga menjadi dudukan untuk kasau dan balok jurai dalam.

Gording ini posisinya terletak di bagian atas kuda-kuda dan juga membagi bentangan atap dalam jarak yang lebih kecil pada proyeksi horisontal.

Bagian ini tentu sangat penting untuk diperhatikan saat membangun sebuah rumah, karena berfungsi sebagai penahan, materialnya harus berkualitas sehingga memiliki ketahanan yang baik.

b. Kuda-kuda

Kuda-kuda dalam konstruksi bangunan merupakan susunan balok yang berfungsi sebagai penahan beban atap. Biasanya, bentuk kuda-kuda ini segitiga yang akan menyangga struktur atap yang lain.

Umumnya, kuda-kuda ini termasuk terbuat dari baja, bambu, atau beton bertulang. Kuda-kuda terletak di bagian bawah rangka.

c. Jurai dalam

Bagian atap lainnya adalah jurai dalam. Jurai dalam ini merupakan bagian yang tajam, yang berawal dari garis tiris atap sampai bumbungan, (pertemuan dua bidang atap pada sudut bangunan kedalam.

d. Jurai luar

Selain jurai dalam, bagian atap lainnya ada jurai luar. Jurai luar adalah bagian yang tajam pada atap, berawal dari garis tiris atap sampai bumbungan (pertemuan dua bidang atap bangunan dengan sudut mengarah ke luar).

e. Bubungan (nok)

Bumbungan merupakan bagian sisi atap teratas yang umumnya berbentuk datar dan menentukan arah bangunan.

f. Kasau (Usuk)

Kasau atau yang lebih dikenal secara umum dengan sebutan usuk merupakan komponen struktur atap yang terletak di bagian atas gording.

Kasau atau usuk ini berfungsi sebagai penyangga reng, berbentuk balok yang memanjang mulai dari balok dinding hingga ke luar.

Umumnya, usuk terbuat dari balok kayu ataupun baja ringan yang dipasang secara terhubung dengan reng.

g. Reng

Bagian atap selanjutnya adalah reng. Reng merupakan salah satu komponen atap yang paling kecil di antara lainnya. Reng ini terletak terlentang di atas kasau atau usuk secara memanjang.

Reng berfungsi sebagai penyangga penutup atap, seperti genteng, dan sejenisnya. Pada konstruksinya, jarak reng ini menyesuaikan dengan ukuran penutup atap.

2. Penutup Atap

Komponen utama struktur atap bangunan adalah penutup atap. Penutup atap ini merupakan salah satu bagian yang akan menutupi atap secara menyeluruh pada bangunan.

Untuk saat ini ada banyak sekali pilihan atap bangunan yang bisa Anda gunakan, seperti halnya atap genteng yang terbuat dari tanah liat, atap uPVC, dan juga atap lainnya yang terbuat dari material berbeda.

Dalam penyusunan penutup atap, ada beberapa faktor yang harus Anda pertimbangkan. Mulai dari kesesuaian dengan iklim atau cuaca sekitar, dan juga tentang desain bangunan yang diinginkan.

Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan tentang berat atau keringanan material sehingga tidak memberikan beban yang berlebihan pada struktur atap.

Karena penutup atap juga akan berpengaruh tentang bagaimana atap bisa melindungi dari hujan, panas, dan juga dari lainnya. Jadi, pertimbangkan juga tentang ketahanan dan keawetannya penutup atap yang digunakan.

Kami merekomendasikan untuk menggunakan penutup atap yang terbuat dari material Upvc. Atap modern yang memiliki banyak manfaat untuk bangunan Anda.

Jika Anda berminat untuk menggunakan jenis atap uPVC, Amari UPVC Roof adalah solusinya. Produsen atap UPVC terbaik di Indonesia yang menyediakan atap UPVC dengan mutu tinggi.

3. Pelengkap Atap

Komponen struktur atap yang terakhir adalah pelengkap atap. Pelengkap atap ini bukan hanya berfungsi secara struktural saja,tetapi juga akan memberikan nilai estetis pada suatu bangunan. Pelengkap atap ini terdiri dari talang dan lisplang.

a. Talang

Talang merupakan saluran air yang berfungsi untuk mengarahkan air agar jatuh ke tanah. Talang dipasang mendatar mengikuti tiris atap kemudian dialirkan ke bawah melalui pipa vertikal.

b. Lisplang

Komponen pelengkap atap selanjutnya adalah lisplang. Lisplang berfungsi untuk mengunci susunan usuk atau kasau agar tetap berada pada tempatnya.

Dalam konstruksinya, bagian ini akan menciptakan bentukan kokoh dari susunan kasau. Karena pada pemasangan kasau hanya terikat oleh paku atau baut, lisplang akan memperkuat posisinya.

Selain itu, lisplang ini merupakan salah satu bagian struktur atap bangunan yang dapat memperindah suatu rumah. Lisplang akan menutupi kasau yang berjajar di bawah susunan penutup atap, dengan begitu tampilannya akan lebih rapi.

Nah, inilah penjelasan tentang struktur atap bangunan yang bisa Anda pahami, pastikan Anda mempertimbangkan material struktur atap yang berkualitas sehingga dapat melindungi bangunan dengan efektif.


You might need help specifying and finding the right Amari product for your project...

AMARI’s sales representatives will be ready to answer all your inquiries