Blog

5 Jenis Atap Rumah yang Cocok untuk Iklim Tropis

Mencari bahan atap rumah yang cocok dengan iklim tropis? Mari kita lihat opsi terbaik untuk rumah Anda di bawah ini.

Indonesia termasuk negara yang berikilim tropis. Artinya, hanya memiliki dua musim saja yakni musim kemarau dan musim penghujan.

Pada proses konstruksi bangunan, kesesuaian desain dan struktur bangunan menjadi salah satu pertimbangan penting. Termasuk dalam proses pemilihan bahan material atap yang akan digunakan. Kesesuaian cuaca dengan material atap sangat berpengaruh pada tingkat ketahanan dan kenyamanan penggunaan.

Mengingat atap termasuk salah satu aspek penting yang berfungsi sebagai pelindung seluruh ruangan, kesalahan pemilihan material akan berdampak pada penghuni rumah.

Jenis Atap yang Cocok untuk Iklim Tropis

Berbicara tentang iklim tropis, tentu kita akan berpikir bagaimana memiliki rumah yang sejuk pada siang hari dan hangat pada malam hari.

Selain itu, wilayah tropis juga memiliki cuaca ekstrim yang harus diwaspdai. Dalam hal ini, material atap harus memiliki kekuatan dan ketahanan yang baik sehingga mampu menahan perubahan cuaca.

Jika Anda ingin memilih atap rumah di wilayah tropis, berikut akan kami jelaskan tentang jenis material direkomendasikan untuk digunakan.

Atap Metal

Atap metal dapat menjadi salah satu opsi yang baik untuk rumah Anda. Jenis atap ini mampu membuat dalam ruangan lebih sejuk.

Karena seringkali permasalahan yang muncul di daerah tropis adalah tentang panas sinar matahari. Menurut beberapa penelitian, atap metal mampu memantulkan hingga 66% energy matahari.

Selain itu, atap ini juga termasuk jenis atap yang memiliki ketahanan yang kuat terhadap segala perubahan cuaca. Harga atap metal ini juga terjangkau dibandingkan dengan atap lain seperti atap beton dan atap keramik.

Atap Beton

Pilihan lain atap yang cocok untuk iklim tropis yaitu atap beton. Atap ini memiliki karakteristik yang berat dan kokoh sehingga sangat tahan terhadap angin kencang.

Atap beton juga mampu memantulkan hingga 77% energi matahari dari atap, apalagi jika Anda memilih warna terang, warna ini lebih baik dalam hal menyerap panas dibandingkan warna gelap.

Jenis atap ini akan tampak seperti atap terakota, tetapi Anda juga bisa menggunakan variasi lain seperti atap datar.

Atap Keramik

Atap keramik termasuk salah satu jenis atap yang digemari masyarakat Indonesia, karena memiliki banyak variasi warna dan ketahanan lama.

Selain itu, atap ini memiliki berat yang lebih ringan daripada beton atau terakota. Atap keramik sangat cocok jika Anda gunakan di daerah tropis.

Terbuat dari bahan tanah liat membuat atap ini dapat bekerja dengan baik untuk menahan panas. Jadi, jika Anda ingin memiliki rumah yang sejuk, atap keramik bisa menjadi salah satu opsinya.

Atap Membran

Atap membran atau yang biasa disebut dengan atap karet terbuat dari perpaduan antara kain Ethylene Propylene Diene Monomer (EPDM). Bahan material ini termasuk bahan yang baru, tetapi dalam hal kekuatan, bahan ini mampu bertahan dengan cuaca yang ekstrim.

Jika Anda ingin mencari atap yang memiliki desain yang kuat serta unik, atap membran cocok untuk digunakan. Memiliki sifat yang fleksibel dan berat ringan menjadi salah satu keuntungan utamanya.

Atap membran memang terkenal dengan desainnya yang unik dibandingkan dengan material kanopi lainnya. Karena itu, tak heran jika jenis atap ini sering diaplikasikan pada gedung-gedung atau residensial.

Ubin Atap Batu Tulis

Atap batu tulis merupakan salah satu atap yang tertua dan sering digunakan sejak dulu. Atap ini memiliki karakteristik yang berat dan datar. Jika diaplikasikan dalam struktur atap wilayah tropis, bahan ini tentu sangat cocok karena dapat meredam panas.

Selain itu, bahan ini juga tidak akan goyah akibat angin yang kencang. Kualitas dan ketahanan atap ini memang sudah terjamin. Namun, salah satu kekurangan penggunaan material ini adalah memiliki harga yang mahal.

Jikia Anda ingin menggunakan atap ini, variasi warna bermacam-macam yang bisa disesuaikan dengan iklim tropis. Pilihan warnanya mulai dari abu-abu hingga warna coklat tanah. Perlu diingat, Jenis atap ini harus dipasang secara benar agar dapat berfungsi dengan baik.

Atap Amari UPVC

Atap lain yang sangat cocok untuk wilayah tropis adalah atap Amari uPVC. Jenis atap ini memiliki ketahanan yang baik terhadap segala perubahan cuaca, bahkan dalam cuaca ekstrim sekalipun.

Amari uPVC Roof atau atap Amari merupakan jenis atap yang terbuat dari bahan Unplasticizide Polyvinyl Chloride, atau biasa dikenal dengan sebutan atap uPVC. Material uPVC ini sering disebut sebagai salah satu bahan yang sangat kuat dan tahan lama.

Jenis atap ini juga sangat cocok untuk digunakan pada rumah di wilayah tropis, karena dapat memantulkan 71% sinar matahari sehingga dapat menjaga kesejukan dalam ruangan.

Atap ini juga memiliki struktur rongga udara yang dapat mampu meredam suara kebisingan dari luar ataupun dalam.

Menggunakan atap Amari menjadi salah satu pilihan yang tepat di negara tropis. Bahan uPVC ini sangat kokoh dan didesain anti pecah dengan berbagai warna yang bisa menambah menarik desain rumah Anda.

Hal yang Harus Diperhatikan saat Memilih Atap Rumah

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih jenis material apa yang akan digunakan pada struktur atap rumah. Mempelajari secara keseluruhan tentang ketahanan dan kesesuaian material sangat penting untuk dilakukan.

Jika Anda kesulitan untuk mencarinya sendiri, Anda bisa menggunakan aplikator yang berpengalaman dan tepercaya. Aplikator itu akan membantu dalam menemukan jenis atap mana yang tepat pada rumah berdasarkan iklim.

Meski demikian, Anda harus tetap memastikan atap yang berkualitas, kesesuaian dengan lingkungan, dan juga mengetahui cara perawatannya dalam jangka panjang.

Jika Anda sedang mencari tempat jual atap uPVC di Surabaya, hubungi Amari UPVC di nomor yang tertera pada website ini dan dapatkan penawaran terbaiknya!


You might need help specifying and finding the right Amari product for your project...

AMARI’s sales representatives will be ready to answer all your inquiries