Blog

Penyebab Atap Kanopi Bocor dan Cara Mengatasinya

Pada sebuah bangunan, kanopi menjadi sesuatu yang penting untuk diperhatikan. Kebocoran yang terjadi saat hujan pastinya akan membuat penghuni tidak nyaman.

Bayangkan saja saat Anda sedang bersantai dalam ruangan dan tiba-tiba atap kanopi mengalami kebocoran, hal ini tentu akan sangat tidak menyenangkan.

Jika Anda ingin mengatasinya dan tidak memiliki cukup pengetahuan dalam bidang bangunan, ini pasti menjadi masalah yang serius.

Atap kanopi yang bocor dan dibiarkan terlalu lama juga dapat mengakibatkan keretakan semakin parah, bahkan dampak terburuknya akan ambrol. Karena itu, Anda harus segera memperbaikinya.

Namun, sebelum Anda ingin mengetahui cara memperbaikinya, kenali terlebih dulu penyebabnya sehingga perbaikan dapat dilakukan dengan tepat.

Kenali Penyebab Atap Kanopi Bocor

Kanopi memang seringkali digunakan pada bangunan, baik itu bangunan residensial ataupun komersial. Pada perkembangannya, ada banyak jenis material atap kanopi yang bisa Anda gunakan seperti atap UPVC, Spandek, Polikarbonat, dan material lainnya.

Semua jenis material ini tentu memiliki keunggulan dan manfaat masing-masing sesuai dengan tipe bangunan. Namun tak jarang, kanopi mengalami kebocoran saat musim hujan tiba, berikut ini merupakan beberapa penyebab atap kanopi bocor, antara lain:

Pengaplikasian yang Salah

Salah satu penyebab atap kanopi bocor yang seringkali terjadi adalah berasal dari proses pengaplikasian atap yang salah. Kesalahan dalam pengaplikasian dapat menuai hasil yang tidak baik.

Misalkan saja kemiringan atap kanopi yang tidak tepat akan menyebabkan genangan air di bagian atap kanopi yang kemudian air tidak bisa lancer.

Pemilihan aplikator yang kurang berpengalaman terkadang membuat pemasangan tidak sesuai dengan standar rekomendasi pabrikan.

Artinya, aplikator juga dapat menjadi salah satu penyebab atap kanopi di bangunan Anda mengalami kebocoran. Jadi, pastikan Anda memperhatikan lebih tentang siapa aplikator yang akan Anda gunakan.

Panas Matahari yang Terik

Penyebab atap kanopi bocor lainnya adalah karena panas matahari yang terik. Kerusakan alami yang seringlkali terjadi akibat panas matahari ini membuat material atap kanopi menjadi retak, getas, atau rusaknya lapisan-lapisan yang ada pada material.

Selain itu, intensitas panas matahari yang tinggi pastinya akan membuat ketahanan material semakin berkurang. Dalam hal ini, pemilihan material yang memiliki ketahanan panas matahari yang baik bisa menjadi solusi terbaiknya.

Sebelum Anda memutuskan untuk memilih jenis material atap kanopi, pastikan Anda mengetahui kualitas material secara detail sehingga lebih bertahan lama.

Curah Hujan Tinggi

Perlu Anda ketahui, hujan deras juga dapat menyebabkan atap kanopi bocor. Apalagi jika terjadi hujan saat di siang hari, tentu perubahan suhu yang cepat ini akan membuat material atap kanopi mudah rusak.

Selain itu, hujan deras yang disertai angin kencang dalam kurun waktu yang lama juga bisa membuat atap kanopi bergeser dan kemudian akan mengalami kebocoran.

Penggunaan Aksesoris yang Tidak Sesuai

Pada beberapa jenis atap kanopi terkadang membutuhkan aksesoris pendukung sebagai pelengkapnya. Meski demikian, pemasangan aksesoris yang tidak sesuai justru akan mengalami kebocoran pada kanopi.

Korosi

Penyebab lain atap kanopi mengalami kebocoran adalah karena korosi. Khususnya bagi Anda yang tinggal di wilayah padat penduduk, perkotaan, atau kawasan industri, korosi menjadi salah satu ancaman untuk atap kanopi bangunan Anda.

Proses korosi ini terjadi karena banyaknya zat atau bahan kimia yang bercampur di udara yang kemudian secara langsung beperngaruh dengan usia material atap kanopi.

Cara Mengatasi Atap Kanopi yang Bocor

Setelah Anda mengetahui apa saja yang menyebabkan atap kanopi bangunan bocor, tentu sangat penting untuk mengambil tindakan, yakni dengan mengatasinya. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi atap kanopi bocor, antara lain:

Gunakan Material Atap Kanopi Berkualitas

Pilihlah jenis bahan material atap kanopi yang sudah benar-benar terbukti memiliki kualitas yang baik. Material atap menjadi salah satu hal yang harus menjadi pertimbangan utama Anda. Kesalahan pemilihan material membuat usia atap kanopi Anda tidak dapat bertahan lama.

Pertimbangkan juga tentang kondisi lingkungan Anda. Artinya, jika Anda tinggal di wilayah yang panas atau dekat dengan kawasan industri, menggunakan jenis atap yang kuat serta tahan terhadap panas adalah solusi terbaiknya.

Salah satu material yang baik pada kondisi ini yakni uPVC. Material ini memiliki katahanan yang baik dan juga dapat meredam panas. Jadi, dengan menggunakan jenis material ini akan lebih cocok dengan kondisi lingkungan bangunan Anda.

Produk atap uPVC yang baik untuk Anda gunakan adalah atap Amari uPVC. Selain memiliki ketahanan yang baik, atap Amari memiliki kemampuan meredam suara, panas, korosi, dan juga tahan terhadap tekanan suhu yang ekstrim.

Pengecekan Secara Rutin

Pengecekan secara berkala dapat membuat Anda lebih tahu tentang apa penyebab atap kanopi bocor. Lakukanlah pemeriksaan secara terjadwal, misalkan setahun sekali atau beberapa kali sehingga jika sewaktu-waktu Anda mengetahui adanya keretakan atau masalah lain dapat segera mengatasinya.

Terlebih lagi di waktu musim penghujan, tentunya akan sangat rawan terhadap kebocoran. Cobalah periksa lebih teliti terhadap kondisi atap Anda.

Pastikan atap masih dalam kondisi yang baik sehingga ketika hujan turun, Anda tidak akan mengalami kebocoran.

Gunakan Pelapis Atap Anti Bocor

Anda juga bisa menggunakan pelapis atap anti bocor. Saat ini tentu sudah banyak jenis pelapis atap anti bocor yang beredar di pasaran. Anda bisa menggunakannya sesuai dengan jenis material atap kanopi bangunan.

Pelapis atap ini akan berfungsi dengan baik dalam memperpanjang usia atap. Ada banyak jenis yang bisa Anda pilih seperti pelapis yang terbuat dari bahan akrilik, silikon, atau juga pelapis atap yang berntuk cairan.


You might need help specifying and finding the right Amari product for your project...

AMARI’s sales representatives will be ready to answer all your inquiries