Blog

Perbedaan PVC dan uPVC yang Harus Anda Ketahui!

Perbedaan PVC dan uPVC yang Harus Anda Ketahui!

UPVC dan PVC merupakan bahan yang seringkali digunakan dalam konstruksi bangunan. Kedua bahan ini bisa Anda temukan pada pipa, kusen, pintum, talang, atap, dan masih banyak lagi. Meski sering ditemukan, faktanya masih banyak yang bingung tentang perbedaan PVC dan uPVC.

Produk berbahan dasar polimer ini memang menjadi salah satu alternatif yang tepat sebagai bahan bangunan. Selain harga yang lebih terjangkau, kekuatannya pun sudah teruji dapat bertahan lama.

Baik itu PVC ataupun uPVC, keduanya berasal dari kata polimer atau bahan sejenis plastik. Meski begitu, kedua bahan ini memiliki sifat-sifat yang berbeda sesuai dengan kegunaannya.

Kemudian apa perbedaan PVC dan uPVC? Berikut ini akan kami jelaskan tentang perbedaan keduanya.

Mengenal Pengertian PVC?

PVC merupakan singkatan dari polyvinyl chloride. Bahan ini dibuat dengan mengklorinasi resin polovinil klorida. Hal ini membuat PVC tahan terhadap degradasi dan bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Penggunaan bahan PVC sebenarnya sudah cukup luas yang dimulai sejak 1960-an. Mulai dari sistem pipa yang kemudian berkembang luas pada bahan konstruksi lain.

Salah satu alasan mengapa bahan PVC sering digunakan adalah karena harga yang relatif murah sehingga dapat dimanfaatkan pada berbagai produk.

Klorin yang terikat pada atom karbon dari PVC pra-klorinasi mengandung 65-67% klorin, yang 7% lebih banyak dari UPVC.

Karena kandungan klorin yang meningkat, PVC memiliki ketahanan kimia yang sangat baik, terutama terhadap asam, alkali, garam, dan karena itu sangat cocok sebagai bahan dalam industri proses kimia.

PVC diidentikkan memiliki stabilitas suhu yang baik dan sifat yang tidak mudah terbakar. Karena dapat bertahan dalam jangka panjang di lingkungan yang agresif dan korosif, PVC menjadi salah satu bahan yang ideal untuk industri.

Apa itu uPVC?

Sedangkan uPVC merupakan singkatan dari Unplasticized Poly Vinyl Chloride. Bahan ini merupakan jenis turunan plasti yang telah diproses sehingga tidak memiliki sifat-sifat plastik pada umumnya.

Berbeda dengan PVC yang masih memiliki sifat lentur dan fleksibel, uPVC memiliki sifat yang kaku sehingga dapat dimanfaatkan menjadi jendela, pintu, dan juga atap.

Pada perkembangannya, uPVC sangat tahan terhadap korosi, tahan panas, tidak mudah terbakar, dan juga bertahan dalam suhu yang ekstrim sekalipun. Inilah mengapa saat ini Anda sering menemukan produk-produk tertentu yang berbahan dasar uPVC.

Apa Perbedaan PVC dan uPVC?

Setelah Anda mengetahui tentang pengertian PVC dan uPVC, tentunya sedikit memahami perbedaan anatar keduanya. Berikut perbedaan lengkapnya:

1. Karakteristik PVC dan UPVC

Perbedaan PVC dan uPVC yang pertama terletak pada karakteristiknya. uPVC merupakan bahan yang kaku, tangguh, transparan dan kuat sedangkan PVC lebih memiliki sifat yang feleksibel.

UPVC memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap cairan kimia agresif dan korosif. Ini menunjukkan ketahanan yang baik terhadap asam, basa dan garam dan memiliki ketahanan cuaca yang sangat baik.

PVC memiliki karakteristik yang sama, tetapi bahkan pada suhu yang lebih tinggi. Jika dibandingkan, uPVC menunjukkan ketahanan yang lebih baik untuk sekitar 65 ° C, sedangkan PVC untuk sekitar 95 ° C.

Keduanya memiliki keunggulan tersendiri dan tergantung pada kondisi lingkungan pengaplikasian.

2. Pemasangan PVC dan uPVC

Perbedaan PVC dan uPVC yang lain bisa dilihat dari proses pemasangannya. PVC memiliki bahan yang ringan sehingga mudah untuk diangkut dan dipasang. Tentu berbeda dengan uPVC yang lebih keras dan kaku sehingga membutuhkan alat bantu untuk proses pemasangannya.

3. Ketahanan

PVC maupun uPVC sebenarnya memiliki ketahanan yang baik. Keduanya dapat bertahan dari sinar matahari secara langsung, oksidasi, dan juga korosi.

Namun jika dibandingkan keduanya, uPVC dapat bertahan lebih lama daripada PVC. Hal ini dikarenakan PVC dirancang lebih lembut dan fleksibel daripada plastik lainnya sehingga daya tahan yang kurang maksimal dibandingkan uPVC.

4. Pengaplikasian PVC dan uPVC

UPVC paling umum digunakan dalam industri bangunan seperti atap rumah, jendela, dan juga bangunan lainnya karena sifatnya yang kuat dan kaku.

uPVC seringkali dimanfaatkan sebagai pengganti kayu dalam konstruksi. Ini juga sering disebut sebagai bahan serbaguna karena dapat diaplikasikan pada struktur bangunan tertentu yang memiliki tugas berat.

Sedangkan PVC lebih sering kita temui sebagai bahan yang menghasilkan macam perpipaan. Karena sifatnya yang fleksibel, PVC lebih sering digunakan dalam pipa untuk mendistribusikan air yang bertujuan tidak diminum.

5. Biaya

Perbedaan PVC dan uPVC yang lain dapat Anda lihat dari biaya atau harga keduanya. Harga bentuk produk keduanya termasuk murah dan terjangkau sehingga tak heran sering Anda temukan di pasaran.

Ringkasan

PVC dan uPVC tentu merupakan hal yang berbeda. Meskipun nama keduanya mirip dan mungkin masih banyak orang-orang yang menganggap sama, tetapi faktanya PVC dan uPVC tidak sama.

Perbedaan yang paling menonjol keduanya adalah PVC memiliki sifat dan karakteristik yang lentur dan fleksibel. Sedangkan uPVC memiliki sifat yang kaku dan lebih kuat. Dan secara fungsionalnya, uPVC digunakan sebagai material yang membutuhkan kekuatan dan ketangguhan.

Inilah perbedaan PVC dan uPVC yang dapat Anda pahami, jika Anda berniat ingin menggunakan atap uPVC sebagai struktur bangunan di Kota Surabaya, Amari UPVC adalah solusinya. Produsen atap UPVC Surabaya yang menyediakan produk atap berkualitas dengan harga termurah. Untuk informasi penawaran lebih lanjut silahkan hubungi nomor yang tersedia.


You might need help specifying and finding the right Amari product for your project...

AMARI’s sales representatives will be ready to answer all your inquiries